Teka Teki Kekayaan Bersih Vladimir Putin

Presiden Rusia yaitu Vladimir Putin disebut memiliki harta kekayaan sampai ratusan miliar dolar AS. Namun harta itu tersebut tidak bisa dilacak oleh banyak lembaga atau majalah Forbes yang sering membahas total harta orang-orang tajir di dunia.

Selama 20 tahun Forbes mengatakan jumlah kekayaan Vladimir Putin yang masih menjadi misteri hingga saat ini.

Forber juga menyebutkan,mencari tahu kekayaan bersih milik Vladimir Putin merupakan teka-teki yang paling sulit dipahami dalam penelusuran kekayaan. Bahkan, lebih sulit ketimbang penelusuran kekayaan ahli waris, kepala negara, hingga raja narkoba.

BACA JUGA : Menjadi Presiden UFC, Segini kekayaan Dana White

Namun pada tahun 2017, banyak analis berusaha mengestimasikan kekayaan Putin. Dan hasulnya Putin memiliki kekayaan sekitar USD 200 Miliar. Jumlah tersebut sangat lah fantastis, bahkan di tahun 2017 Putin jauh melampaui kekayaan Elon Musk. Yang dimana kekayaan bos Tesla tersebut hanya sebesar USD 20 Miliar.

Mantan CEO Hermitage Capital Management. Bill Browder adalah yang menjadi salah satu yang mengestimasi kekayaan Vladimir Putin mencapai US$ 200 miliar.

Teka Teki Kekayaan Bersih Vladimir Putin

“Saya mengestimasi kekayaan Vladimir Putin yang memiliki kekayaan sebesar US$ 200 miliar yang didapat dari sesuatu yang tidak sah,” kata Browder dalam testimoninya di hadapan Komite Kehakiman Senat Amerika Serikat.

Perlu diketahui, Hermitage Capital Management yang berdiri pada tahun 1996 merupakan perusahaan penasihat investasi di Rusia. Hermitage Capital Management juga berinvestasi di pasar saham Rusia sebesar US$ 4 miliar.

Pemerintah Rusia pernah menyita data Hermitage Capital Management. Penyitaan data dan Brwoder tersebut dicap sebagai ancaman kemanan nasional dan di larang berkunjung ke Rusia pada tahun 2005.

Adapun saat ini, Browder telah menjadi advokat untuk melawan korupsi di Rusia. Oleh karena itu, ia dimintai keterangan oleh Senat Amerika Serikat demi menyelidiki adanya keterlibatan Rusia dalam pemilihan presiden AS tersebut pada 2016.

radjaspin