Orang Terkaya No.1 Qatar, Abdullah Bin Saud Al Thani

Kali ini kita akan membahas Orang Terkaya No.1 Qatar. Yang menduduki tahta teratas dalam daftar orang terkaya di Qatar adalah Abdullah Bin Mohammed Bin Saud Al Thani. Kekayaan beliau diketahui mencapai angka US$2,5 miliar atau setara dengan Rp.40 triliun. Dengan jumlah kekayaan yang cukup fantastis tersebut, tentu saja beliau pantas menjadi orang kaya no.1 Qatar.

Penasaran dengan Abdullah Bin Mohammed Bin Saud Al Thani? Check it Out !!

Baca Juga : Kekayaan Akbar Al Baker, CEO Yang Mensukseskan Qatar Airways

Perjalanan Singkat Karir

Dia adalah saudara tiri dari Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani, mantan Emir Qatar. Ia lahir pada tahun 1958. Ia lulus dari Akademi Militer Kerajaan Sandhurst pada tahun 1976. Abdullah Al Thani adalah putra ketiga dari mantan Emir Qatar ke-8, Khalifa bin Hamad Al Thani.

Abdullah Bin Mohammed Bin Saud Al Thani adalah orang yang memiliki karir yang panjang dan terkenal dalam bisnis dan diplomasi. Kini beliau menjabat sebagai Duta Besar Qatar untuk Jerman sejak diangkat pada Agustus 2020. Sebelum menduduki posisi tersebut, Abdullah Bin Mohammed Bin Saud Al Thani menjabat sebagai Chairman Ooredoo Kuwait dan menjadi Presiden Komisaris Indosat Ooredoo. Beliau mampu mengubah Ooredoo yang awalnya hanya operator telekomunikasi satu negara menjadi Grup. Kini Ooredoo hadir di 10 negara.

Beliau juga pernah bertugas di Komisi Pita Lebar ITU untuk pengembangan Digital. Dengan kedudukan ini, beliau membantu memetakan arah pengembangan Teknologi Digital di Qatar. Tak hanya itu, di Qatar beliau juga menjadi anggota dewan. Beliau adalah anggota Dewan Penasihat Kelompok Bank Dunia untuk Gender dan Pembangunan.

Pada tahun 2014 hingga 2018, Abdullah Bin Mohammed Bin Saud Al Thani juga menjabat sebagai Chief Executive Officer Otoritas Investasi Qatar. Dalam jabatannya tersebut beliau memiliki tanggung jawab atas salah satu dana kekayaan negara terbesar didunia. Dimana dia bertugas untuk mendiversifikasi investasi tidak hanya disektor pasar tetapi juga dinegara tempat investasi diadakan.

Sheikh Abdullah Bin Mohamed Bin Saud Al Thani juga ketua dan gubernur Bank Sentral Qatar. Diketahui beliau memiliki saham di Credit Suisse, Total dan London’s Canary Wharf. Beliau juga memiliki beberapa pacuan kuda dan merupakan pemilik Qatar Racing Limited. Dia adalah pemegang saham dan direktur di Amyris. Amyris adalah perusahaan produk terbarukan yang menyediakan alternatif terhadap produk yang bersumber dari minyak bumi. Dia berinvestasi melalui perusahaannya Biolding Investments SA. Biolding berbasis di Luksemburg.

radjaspin