Amancio Ortega, Sempat Mendapatkan Gelar Terkaya Didunia

Amancio Ortega adalah salah satu miliarder asal Spanyol. Ia adalah pendiri Inditex, perusahaan fashion yang menaungi beberapa merk ritel terkenal seperti Zara, Bershka, Stadivarius hingga Pull&Bear.

Berdasarkan informasi Forbes, Amancio Ortega berada di peringkat pertama daftar konglomerat Spanyol dan di dunia ia berada diperingkat ke-15. Catatan Forbes, kekayaan Ortega mendapai USD 85 miliar atau sekitar Rp 1,27 Triliun.

BACA JUGA : Bukan CR7, Ini Dia Pemain Sepakbola Terkaya di Dunia

Kekayaan Ortega yang saat ini ia nikmati tidak lah datang dengan mudah. Menurut beberapa sumber ia terlahir dari kalangan menenagah kebawah. Pada saat itu Ayahnya, Antonio Ortega bekerja sebagai penjaga rel kereta dan ibu nya sendiri Josefa Gaona bekerja sebagai pembantu rumah tangga.

Ortega sendiri mengabiskan sebagian waktu kecilnya di Tolosa, Gipuzkoa sebelum ia pindah ke A Coruna setelah ia menyelesaikan sekolah menengah nya pada usia 14 tahun. Ketika Ortega tumbuh menjadi remaja, ia bekerja sebagai kurir di salah satu toko pakaian pria dan penjahit. Dari pekerjaan itu iia tau tentang design dan cara membuat baju dan sistem pengantarannya.

Amancio Ortega Memulai Kesuksesannya

Amancio Ortega, Sempat Mendapatkan Gelar Terkaya Didunia

Setelah cukup lama bekerja, ia mendapat kepercayaan untuk mengelola pakaian dan melayani beberapa pelanggan. Dari situ ia melihat peluang untuk memperluas bassis layanannya menggunakan bahan lebih murah dan sistem manufaktur yang lebih efesien.

Pada tahun 1963, Ortega mengaja istrinya untuk mendirikan bisnis sendiri. Dengan modal yang terbilang sangat kecil yaitu USD 100. Ia dan istrinya mulai membuat gaun, piyama, jubah mandi hiingga pakaian dalam waniita.

Lalu biisnis yang berkembang tersebut, ia berinisiatif untuk membuka toko pakaian bernama ZARA di A Coruna. Setelah menjalankan bisnis sendiri selama delapan tahun, Ortefa telah membuka cabang toko dii sembiilan tempat di Spanyol. Kesuksesan yang ia raih bersama istri tidak sebanding lurus dengan rumah tangganya. Pada tahun 1986 ia bercerai dengan istrinya.

Dalam bisniisnya ia mengusung konsep Fast fashion di industri pakaian. Dengan konsep tersebut ia berhasil memproduksi pakaian tren terkini dengan cepat dan jumlah banyak untuk memenuhi permintaan pasar.Pada tahun 2022, Indetex sudah mengoperasikan 5.815 gerai di seluruh dunia. Sebagian besar pendapatan terbesarnya disumbang oleh Zara.

Dan ditahun 2015, Ortega sempat mendapatkan gelar sebagai orang terkaya didunia untuk pertama kaliinya. Kekayaannya melonjak setelah inditex mencapai rekor tertinggi sepanjang masa dengan kekayaan bersih sebesar USD 80 miliiar.

radjaspin