Pemilik Red Bull, Chalerm Yoovidhya Orang Kaya No.2 Thailand

Red Bull, Siapa yang tak kenal merk minuman berenergi ini? Pemiliknya adalah Chalerm Yoovidhya Orang Kaya No.2 Thailand. Total kekayaan yang dimilikinya mencapai US$33,4 miliar atau setara dengan Rp.513 triliun. Angka fantastis itu bisa didapat mengingat Red Bull terjual hingga 11.6 miliar kaleng diseluruh dunia pada tahun 2022.

Penasaran dengan sumber kekayaan Chalerm Yoovidhya?? Check it Out !!

TC Pharmaceuticals (TCP Group)

Chalerm merupakan anak kedua dari Chaleo Yoovidhya, pendiri TC Pharmaceuticals (TCP Group) yang memproduksi kratingdaeng. Sang ayah wafat ditahun 2012 dan menyerahkan bisnisnya kepada putra-putranya. Chalerm pun menjadi pewaris yang paling banyak mendapatkan saham di perusahaan.

Sebelum menjadi pewaris, Chalerm sudah lama bekerja diperusahaan ayahnya tersebut. Di awal tahun 1980, Chalerm memulai karir sebagai manajer umum diperusahaan tersebut. Ditahun 2000-2008 ia menjabat sebagai wakil presiden eksekutif lalu menjadi Presiden perusahaan. Setelahnya Chalerm menjadi salah satu direktur dan pengendali saham utama perusahaan.

Baca Juga : Chearavanont, Keluarga Konglomerat dari Thailand !!

Bisnis Lain

Tak hanya satu, Chalerm memiliki banyak sekali sumber kekayaan yang bisa menambah pendapatannya. Yang utama tentu saja TCP Group yang bergerak dibanyak sektor seperti minuman, farmasi, makanan dan properti. Diketahui Chalerm juga pemilik Asia Pacific Glass (APG). Perusahaan manufaktur kaca yang terkenal di Asia. Perusahaan ini memproduksi berbagai jenis kaca untuk berbagai macam kebutuhan otomotif dan electronik.

Chalerm juga memiliki bisnis perternakan dan pertanian, Chalerm Phra Kiat Group. Perusahaan ini bergerak sangat maju dibidang pengolahan susu, pemotongan daging dan juga pengolahan buah-buahan. Diketahui Chalerm juga mempunyai saham di perusahaan bir ternama Thailand, Boon Rawd Brewery.

Selain bisnis tersebut, diketahui Chalerm juga berinvestasi dibanyak perusahaan lain. Chalerm cenderung tertutup untuk urusan pribadi dan bisnisnya. Pernah namanya muncul dalam laporan Panama Papers, laporan tersebut Chalerm disebut memiliki perusahaan anonim bernama The honour Worldwide Co.,Ltd. Dikabarkan perusahaan tersebut berdiri ditahun 2006 oleh firma hukum Mossack Fonseca untuk mengelola aset keluarga Yoovidhya.

Dengan perusahaan, bisnis dan pastinya jumlah aset yang dimilikinya, sangat pantas Chalerm Yoovidhya jadi Orang Kaya No.2 Thailand.

radjaspin