Chearavanont, Keluarga Konglomerat dari Thailand !!

Jika di Indonesia ada Hartono bersaudara, maka di Thailand ada Chearavanont bersaudara yang menduduki jajaran atas sebagai keluarga terkaya dari Thailand .

Empat bersaudara yaitu Jaran Chearavanont, Montri Jiaravanon, Sumet Jiaravanon dan Dhanin Chearavanont ini adalah pebisnis pakan ternak dan udang terbesar didunia.

BACA JUGA : Bermesraan Dengan Kylie, Ini Sumber Kekayaan Timothée Chalamet !!

Charoen Pokphand Group (CP Group), saat ini menaungi 8 bisnis yang menangani 13 grup bisnis. Selain di sektor pertanian dan makanan, ada bisnis ritel, telekomunikasi, e-commers, properti, otomotif, farmasi dan keuangan yang Chearavanont bersaudara kelola. Selain menjalankan bisnis didalam negera, Chearavanont bersaudara juga sudah sejak lama berinvestasi di 21 negara lainnya termasuk Indonesia.

Bisnis yang saat ini berkembang pesat berkat sang ayah, yaitu Chia Ek Chor. Yang sudah merintis usaha dan bisnis sejak pada tahun 1921. Chor merupakan warna negara China yang mencoba peruntungan bisnis di Thailand. Dilansir Forbes, Chor dan saudaranya Choncanroen memulai bisnis benih impor dari China ke petani Thailand.

Si Bungsu Pemegang Tongkat Kepemimpinan !!!

Dalam wawancara dengan Nikkei Asia, Dhanin sebagai anak yang paling kecil baru akan memakai nama Charoen Pokphand ditahun 1953. Yang dikala itu sang kakak tertuanya, Jaran baru memulai mengembangkan bisnis disektor ternak. “Charoen” yang artinya kemakmuran dan “Pokphand” artinya produk ternak dan pertanian.

Mendapatkan wejangan dari sang ayah, Dhanin diminta untuk memulai segalanya dari bawah, maka ia pun harus memulai di usia 18 tahun mendapatkan tugas membuka dan menutup toko.

Ditahun 1970, Dhanin baru mulai memimpin bisnis keluarga. Selama 48 Tahun menjadi Chairman merangkap CEO CP Gruop. Namun pada tahun 2017 Dhanin mundur sebagai CEO, dan dilanjutkan oleh anaknya Soopakij sebagai Chairmand dan Supachai sebagai CEO.

Per 1 April 2020, Forbes menempatkan Chearavanont bersaudara sebagai keluarga terkaya dari Thailand dengan nilai kekayaan USD 27.3 Miliar atau sekitar Rp 395,85 Triliun.

Dan kemudian dibulan agustus 2020, Keluarga Chearavanont menduduki peringkat 21 keluarga terkaya didunia versi Bloomberg dengan total kekayaan USD 30,7 Miliar atau sekitar Rp 445.15 Triliun.

radjaspin