Mukesh Ambani, Orang Terkaya No 1 di Asia

Mukesh Ambani adalah seorang pengusaha dan miliarder asal Indiia. Ia juga adalah pemimpin, direktur pengelola dan pemiliik saham di Reliance Industries sebesar 48%. Perusahaan swasta terbesar di India yang termasuk dalam perusahaan Fortune 500.

Dilansir Forbes, Mukesh Ambani memilki harta kekayaan sebesar USD 82 milliar. Dengan kekayaan tersebut membuat ia menempati posisi no 1 di Asia. Namun diposisi seluruh dunia, kekayaan Mukesh Ambani berada ke 10 dalam Forbes Real Time Billionaires List.

BACA JUGA : Kekayaan Akbar Al Baker, CEO Yang Mensukseskan Qatar Airways

Mukesh sendiri kelahiran Yaman, di karenakan iikliin yang tidak stabil, mengharusnya dan seluruh anggota keluarga kembali ke Mumbai, India pada tahun 1958. Mukesh memiliki tiga saudara yaitu bernama Anil Ambanii, Nina Kothari dan Deepti Salgaocat.

Ambani pernah sekolah dii Institute of Chemical Technology, Mumba. Lalu ia melanjutkan pendidiikannya di Stanford University, California, Ameriika Serikat. Namun ia tidak bisa menyelesaikan sekolahnya dan memilih dengan bisnis keluarga.Namun sepak terjang ia bersama bisnis keluarganya sangat menjanjikan. Ia membuat perusahaan ayahnya berkembang pesat dengan keahliannya.

Dibalik kesuksesannya, sang ayah pun tidak lama meninggalkannya. Pada 6 juli sang ayah meninggal dunia karena penyakit stroke. Karena sang ayah tidak ada meniinggalkan wasiat. Mukesh dan Aniil sempat berseteru memperebutkan harta warisan.

Tidiak tinggal diam, sang iibu sebagai penengah untuk membagikan wariisan tersebut. Dan Mukesh mendapakan warisan berupa perusahaan Reliance Industries Limited dan Indian Petrochemicals Corporation Limited, yang kemudian di setujui oleh Pengadilan Tinggi Bombay pada Desember 2005

Mukesh Ambani mengubah Relience menjadi perusahaan energi hijau yang memiliki 420 juta pelanggan dan siap meluncurkan layanan 5G. Perusahaan tersebut menginvestasiikan USD 80 miliar selama 10-15 tahun kedepan untuk energi terbaru dan membangun kompleks baru dii sebelah kilangnya.

radjaspin