Investor Kelas Kakap Masayoshi Son Terkaya No.3 Di Jepang

Untuk kamu yang mengikuti perkembangan bisnis StartUp, tentunya sudah tak asing lagi dengan nama Masayoshi Son. Beliau adalah salah satu Investor kelas kakap dibidang tersebut. Masayoshi Son Terkaya No.3 Di Jepang. Beliau adalah pengusaha dan pemilik SoftBank. Total kekayaan Son berada diangka US$24,2 miliar atau setara dengan Rp.371 triliun. Dengan angka tersebut, tak heran Masayoshi Son Terkaya No.3 Di Jepang.

Penasaran dengan Masayoshi Son? Check It Out !!

SoftBank, Sumber Kekayaan Utama Masayoshi Son

Tak berasal dari keluarga kaya, Masayoshi Son membangun bisnis ini dengan kerja kerasnya. Kehidupan masa kecil Masayoshi Son pun tergolong tak mudah. Berkewarganegaraan Jepang, tapi beliau menggunakan nama Koreanya sebagai nama belakangnya. Dia menggunakan Son alih-alih Yasumoto. Son kecil pun mendapat banyak diskriminasi karena pada saat itu hubungan Jepang-Korea sedang tidak akur.

Baca Juga : Ke-42 Orang Terkaya di Jepang, Ternyata Pemilik AKB48 !!

Ayahnya hanya seorang penjual ikan dan pengurus peternakan babi. Keadaan tersebut membuat tekat Son semakin kuat. Dia yakin, suatu saat dia akan bisa sukses. Diusianya yang ke 16 tahun, ia nekat menemui Den Fujita seorang taipan yang membawa McDonald’s ke Jepang. Fujita sangat menginspirasi Son setelah membaca buku-buku karya Fujita.

Son melanjutkan pendidikannya di Universitas of California, Berkeley dengan jurusan Ekonomi dan ilmu komputer. Tekatnya membangun bisnis yang sukses membuatnya selalu memikirkan ide-ide bisnis yang akan menjadi hits dimasa depan. Son pun memilih bisnis distributor perangkat lunak. Son membuat aplikasi penerjemah 8 bahasa seukuran kalkulator. Kamus Elektronik tersebut dibeli oleh Sharp Corporation seharga US$1 juta.

Ditahun 1981, Son kembali ke kampung halamannya Jepang dan mendirikan perusahaannya, Nihon Softbank. Perusahaan tersebut berfokus pada bidang telekomunikasi dan Internet. Dalam beberapa tahun, perusahaan ini terus berkembang dan berganti nama menjadi SoftBank.

Berkat kerja keras dan kegigihannya, perusahaan ini terus berekspansi dari hanya distributor perangkat lunak. Kini SoftBank juga berinvestasi dibanyak perusahaan teknologi. Yang paling terkenal investasinya di Yahoo lalu membangun Yahoo Jepang. Perusahaan Grab, Coupang, Paytm hingga Tokopedia pun sudah mencicipi modal dari SoftBank.

Son mendapatkan suntikan dana dari banyak investor besar. Diantaranya Apple, Qualcomm, Foxconn, Larry Ellison dan Dana Kedaulatan Arab Saudi. Tahun ini, Masayoshi Son masuk dalam daftar orang terkaya ke-69 menurut versi Forbes. Pada tahun 2020 Son bahkan datang ke Indonesia membahas pembangunan IKN dan merencanakan investasi SoftBank disana. Meskipun ditahun 2022, SoftBank menyatakan mundur dari Proyek tersebut.

radjaspin