Orang Terkaya Di Rusia Vladimir Sergeyevich Lisin, Ini Total Kekayaannya ?

Vladimir Sergeyevich Lisin (lahir 7 Mei 1956) adalah seorang pengusaha miliarder Rusia. Dia adalah ketua dan pemegang saham mayoritas Novolipetsk (NLMK), salah satu dari empat perusahaan baja terbesar di Rusia.

Menurut Bloomberg Billionaires Index. Pada tahun 2021 ia adalah orang terkaya di Rusia dan terkaya ke-58 di dunia dengan perkiraan kekayaan bersih sebesar US$ 26,6 miliar. Dalam peringkat Forbes 2023, Lisin turun ke posisi ketiga di antara miliarder Rusia. Kalah dari Andrey Melnichenko dan Vladimir Potanin, kekayaannya diperkirakan mencapai $22,1 miliar.

Perjalanan Karir :

Vladimir Lisin mendapatkan pekerjaan pertamanya pada tahun 1975 dengan bekerja sebagai mekanik di tambang batu bara Soviet. Dan setelah belajar di Institut Metalurgi Siberia mendapat pekerjaan sebagai mandor tukang las di Tulachermet Metals Works. Beliau naik pangkat menjadi manajer bagian, manajer toko pada tahun 1979 dan wakil kepala teknisi pada tahun 1986.

Pada tahun 1992, ia bergabung dengan sekelompok pedagang (Grup Trans-Dunia) yang memenangkan kendali atas industri baja dan aluminium Rusia. Ketika mitranya berpisah pada tahun 2000, dia menerima 13% saham perusahaan dan kemudian mendapatkan saham pengendali. Mantan bosnya diangkat menjadi Menteri Metalurgi Rusia, dan Lisin menjadi pemilik tunggal Novolipetsk Steel pada tahun 2000.

Sejak tahun 1993, beliau telah menjadi anggota dewan di beberapa produsen logam Rusia, termasuk NLMK, MMK dan Pabrik Aluminium Sayansk dan Novokuznetsk dan telah menjadi anggota dewan direksi Novolipetsk Steel (NLMK) sejak tahun 1996 dan ketuanya sejak tahun 1998. Dia sebelumnya bekerja sebagai wakil kepala teknisi dan wakil direktur umum Pabrik Baja Karaganda, salah satu dari empat pabrik baja terbesar di Kazakhstan.

BACA JUGA : Seberapa Kaya Leonardo DiCaprio? Ini dia Kekayaannya

Vladimir Sergeyevich Lisin adalah anggota dewan direksi Zenit Bank. Lisin duduk di dewan direksi Novolipetskii Metallurgical Combine, salah satu perusahaan baja terbesar di Rusia, pada tahun 1998 dan masih memegang posisi tersebut. Dia adalah direktur di CJSC Chernomorneftegaz. Lisin menjabat sebagai Direktur Norilsk Nickel Mining and Metallurgical Co. sejak tahun 2002. Beliau menjabat sebagai ketua JSC Novolipetsk Iron & Steel Corporation (OJSC Novolipetsk Steel) sejak Juni 2007. Beliau menjabat sebagai anggota independen dewan direksi OJSC United Shipbuilding Korporasi pada tahun 2008–2012. Hingga Januari 2023, ia menjadi anggota biro Persatuan Industrialis dan Pengusaha Rusia, namun kemudian meninggalkan jabatan tersebut atas kemauannya sendiri.

radjaspin