Pemerintah Punya Hutang 800M, Ini Harta Kekayaan Jusuf Hamka

Siapa yang tidak mengenal Jusuf Hamka, salah satu konglomerat di Indonesia yang dikenal dengan usaha pemilik jalan tol. Beredar berita pemerintah sampai mempunyai hutang kepadanya sebesar Rp800 miliar.

BACA JUGA : Total Kekayaan GDragon di Usia 35 Mencapai Jumlah Fantastis

Utang tersebut sudah mulai berjalan dari tahun 1998, ketika PT Citra Marga Nusapala Persada Tbk mendepositkan dananya sebesar Rp 78 miliar di bank Yakin Makmur atau Bank Yama. Pada saat krisis ditahun 1998 lalu disitu Bank Yama terkenda dampak krisis tersebut. Dan sejak saat itu juga deposit tersebut tidak dapat dikembalikan.

Saat itu pemerintah berdalih, jika PT CMNP terafiliasi dengan pemlik Bank Yama, yakni Tutut Soeharto. Jussuf Hamka lalu tidak terima dengan pernyataan tersebut, dan menggugat ke Pengadilan Negeri pada tahun 2012. Saat itu, Jusuf Hamka melakukan proses sidang ke Mahkamah Agung, usahanya tidak sia-sia, ia berhasil menang di Pengadilan.

Kira kira berapa total kekayaan Jusuf Hamka ?

Jusuf Hamka merupakan pemegang saham terbesar dari PT Citra Marga Nusapala Persada Tbk. Konglomerat ini telah mengerjakan beberapa proyek jalan tol yang nilainya Rp25 triliun. Beberapa proyek di bawah PT Citra Marga adalah Harbour Road 2 di Jakarta senilai Rp16 triliun dan NS LINK di Bandung senilai Rp9 triliun.

Tidak hanya jalan tol, penghasilan lainnya adalah menjadi komisaris di PT Mandara Permai. Dan menjadi komisaris independent di PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. Dari semua penghasilan yang dia terima, total kekayaan Jusuf Hamka mencapai Rp15 triliun.

Dengan kekayaan sebanyak itu, ia mengoleksi beberapa kendaraan mewah seperti SUV Premium Audi Q7 keluaran 2015 seharga Rp2 milliar. Selain itu ia juga mempunyai Premium Audi E4 senilai Rp1,25 miliar, dan Range Rover dengan kapasitas mesin 5000 cc senilai Rp3 miliar.

radjaspin