Tak Setenar Jack Ma, Orang Terkaya China ini Pemilik TikTok

“Zhang Yiming” mungkin terdengar asing ditelinga kita orang Indonesia. Orang terkaya di China ini ternyata pemilik TikTok. Dengan total kekayaan mencapai US$45 miliar atau sekitar Rp.675 triliun, ia berhasil duduk di peringkat ke 2. Siapa sangka pria muda berusia 40 tahun ini ternyata Orang Terkaya China Pemilik TikTok.

Meski pemiliknya tidak cukup terkenal, tapi siapa yang tak kenal dengan Aplikasi Short Video TikTok yang dimilikinya ? Bahkan Indonesia menjadi Negara urutan No 2 dengan daftar pengguna TikTok terbanyak di Dunia. Angkanya berada di kisaran 22juta pengguna.

Tak langsung sesukses sekarang, di awal karirnya Zhang Yiming bekerja disitus perjalanan Kuxun.com dan dikabarkan pernah bekerja di perusahaan Microsoft. Dengan pengalamannya selama bekerja, ia memulai mendirikan beberapa perusahaan rintisan termasuk website pencarian real estate 99fang.com pada tahun 2009.

Ditahun 2012, Zhang Yiming mendirikan ByteDance bisnis media yang menyediakan layanan berita bernama Tautiato. Situs tersebut pun menjadi sangat populer dinegaranya pada tahun 2016. Situs tersebut bahkan bernilai US$20 miliar. Tak lama ia pun memluncurkan TikTok dan mengakusisi Muscal.ly.

Baca Juga : Pernah Jadi Orang Terkaya Di China, 2023 Jack Ma di No.6

Tahun ke tahun TikTok atau dikenal dengan sebutan Douyin di China semakin berkembang. Pada tahun 2020, ByteDance berhasil mengumpulkan hingga US$5.6 miliar atau setara dengan Rp.79 triliun. Angka tersebut meningkat 130% dari tahun lalu, sebagai bukti bahwa perusahaan ini benar-benar berkembang. Kini perusahan tersebut sudah memiliki banyak sekali situs yang bisa meningkatkan pendapatan.

Dilansir oleh Bloomberg perusahaan ini sempat memiliki valuasi US$100 miliar atau Rp.1.400 triliun. Zhang Yiming yang diketahu memiliki 20% saham diperusahaan tersebut pun jadi orang terkaya ke-26 di Dunia

radjaspin