Group K-pop Terkaya! Ternyata Bukan BTS Dan Blackpink

Korean Pop alias K-pop sudah menjadi fenomena industri musik global sampai saat ini. Korea selatan mulai dikenal Melalui Boyband dan Girlband Yang sangat Populer secara international. Maka Tak heran bila saat ini mereka menjadi grup dengan nilai kekayaan yang fantastis. Lantas siapakah Grup K-pop yang paling kaya sampai saat ini? Jika kamu menjawab BTS & Blackpink. Jawabannya Bukan!!

Mari Kita bahas, Beberapa Grup K-Pop Terkaya saat ini,. Check It Out!!

1. TVXO

Boyband TVXQ

TVXQ Sangat Populer jauh sebelum munculnya BTS. Debut pada tahun 2003, Meski sudah tergolong lama saat ini TVXQ masih menjadi salah satu grup paling kaya di korea selatan.

Menurut Sportskeeda Dilansir dari Soutch China Morning Post Pada 2022, Total kekayaan Bersih TVXQ mencapai US$30 Juta Sekitar Rp 450 Miliar.

Boyband yang awalnya beranggotakan 5 Orang, Saat ini tersisa 2 orang yaitu, Yunho dan Changmin. Pada 2018 lalu, Duo TVXQ ini Membuat rekor dijepang, sebagai artis internasional yang sanggup menjual satu juta tiket dalam satu kali tur di Negeri Sakura.

2. TWICE

twice

Grup band wanita yang beranggotakan 9 Orang ini debut pada Oktober 2015. Menurut K-pop Starz, Twice yang bernaungan dibawah label JYP memiliki total kekayaan Bersih Sekitar US$35 Juta Sekitar Rp 530 Miliar.

Bahkan Twice pernah muncul dalam daftar Forbes30 Under 30 Asia” , Sebuah daftar yang berisikan anak muda kaya raya pada umur dibawah 30 tahun.

Pada 2018, Bersama Stray Kids, Mereka berhasil membuat JYP mengungguli dua label besar kompetitornya, Sm Entertainment dan YG, Sebagai label tersukses di Korea Selatan.

3. BLACKPINK

BLACKPINK

Debut pertama kali pada 2016, Kini Blackpink menjadi superstar global dan merajai tangga lagu pop Billboard dan Spotify. Blackpink dilaporkan memiliki totak kekayaan bersih hingga USD$62 Juta Sekitar Rp 940 Miliar.

GirlBand keluaran agensi YG itu juga sudah berkolaborasi dengan Musisi Internasional lain, Seperti Lady Gaga, Cardi B, Dua Lipa dan Selena Gomez. Masing-masing personil grup ini juga terikat kontrak sebagai brand ambassador Sejumlah produk Fashion wanita. Diantaranya Dior, Calvin Klein , Chanel, Celine, Bulgari, YSL, Dan Tiffanny & CO.

4. BTS

BTS

Jauh diatas Twice Dan Blackpink, Boyband yang berada dibawah naungan HYBE ini punya total kekayaan bersih US$150 Juta Sekitar Rp 2,2 Triliun. Nilai tersebut didapatkan BTS dari penjualan album, pendapatan tur, endorsement, hingga royalti.

Kesuksesan BTS di kancah internasional bahkan berdampak positif pada perekonomian Korea Selatan.

Pada 2019, Celebrity Net Worth melaporkan, BTS berhasil meraih pendapatan hingga US$170 juta dari tur mereka berjudul “Love Yourself World Tour”. Jumlah tersebut lebih besar ketimbang musisi atau band Amerika Serikat manapun, kecuali band rock legendaris, Metallica.

Para personil BTS juga bekerja sama dengan beberapa brand, seperti Baskin-Robbins, LeSportsac, Sketchers, Mattel, Casetify, Tamagotchi, VT Cosmetics, dan Jamie Wander.

Baca juga : Jumlah Kekayaan Masing-Masing Member BTS, Capai Triliunan!

5. EXO

EXO

Mengejutkan bukan? Posisi pertama diisi oleh Boyband EXO yang berada di naungan label SM Entertainment.

Diketahui nilai kekayaan bersih EXO berkisar US$1 Miliar Sekitar Rp 15 Triliun, Sulit dipercaya namun sudah dikonfirmasi oleh beberapa media di korea selatan , seperti KpopStarz, Channel Korea.

Oleh karena itu masing-masing Personil EXO diketahui memiliki kekayaan bersih perkirran US$7-10 Juta.

Beberapa media lain juga punya perhitungan sendiri atas kekayaan EXO. Media Popnable, misalnya, menyebut rata-rata pendapatan EXO dari 2016-2022 adalah US$2,5 juta per bulan atau US$30 juta setahun.

Sementara itu, Otakukart dan Sportskeeda melaporkan, kekayaan EXO “hanya” berkisar antara US$100-130 juta. Sedangkan Soompi melaporkan, album EXO bertajuk “Don’t Fight the Feeling” yang dirilis pada 2021, merajai tangga album iTunes di 85 negara sekaligus.

Meski benar EXO tidak sepopuler BTS di kancah internasional, kepopuleran EXO di negaranya sendiri tetap tak tertandingi. Kesuksesan EXO ini membuat nama mereka masuk dalam daftar “Top Five Most Influential Celebrities” milik Forbes’ Korea Power Celebrity dari tahun 2014 hingga 2018.

radjaspin