Ketua Umum PAN dan Mendag, Segini Kekayaan Zulkifli Hasan

Dikenal masyarakat luas karena kontroversi yang diciptakannya,ia adalah Zulkifli Hasan. Dia adalah Ketua Umum PAN serta Menteri Perdagangan. Salah satu kontroversinya adalah tentang pernyataan “Amin” yang tidak diucapkan orang karena berbeda pilihan. Hal itu berkaitan dengan proses pemilihan presiden sebelumnya, dikarenakan pasangan nomor urut 1 menjadikan AMIN sebagai singkatan nama mereka. Selain penuh kontroversi, hal menarik tentang Zulhas yang bisa dibahas adalah kekayaannya. Tak hanya berkarir didunia politik, menjalankan beberapa bisnis membuatnya memiliki beberapa pemasukan untuk kekayaanya. Kekayaan Zulkifli Hasan bersadarkan LKHPN tahun 2022 sebesar Rp.27,7 miliar.

Penasaran dengan jumlah dan sumber kekayaan Zulkifli Hasan?? Langsung saja, Check it Out !!

Baca Juga : People’s Princess, Cek Kekayaan Lady Diana Disini !!

Tentang Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan menghabiskan masa kecilnya di Lampung sebelum lanjut pindah ke Jakarta saat diusia SMA. Setelah lulus, ia melanjutkan studi ke Universitas Krisnadwipayana Jakarta. Lulus dari perguruan tinggi, ia pun mulai bekerja untuk memulai bisnisnya. Akhirnya dalam jangka waktu tiga tahun, ia berhasil mendirikan sebuah perusahaan dan juga menjadi presiden direktur dibanyak perusahaan berbeda.

Setelah merasa memiliki keuangan yang cukup, ia mulai mencoba dunia politik. Ia pun memilih berganung dengan PAN (Partai Amanat Nasional) karena dinilai memiliki ikatan emosional dengan anggota ormas Muhammadiyah. Salah satu tokoh Muhammadiyah yang bergabung dalam PAN adalah Amien Rais, pendiri PAN dan mantan Ketua Umum Muhammadiyah. Tak hanya terjalinin sebagai hubungan politik, diketahui Putra Amien Rais bernama Ahmad Mumtaz Raiz menikah dengan putri ZulHas bernama Futri Zulya Safitri.

Zulhas memulai karirnya di PAN sebagai pengurus dibidang logistik dan tidak butuh lama baginya untuk bisa sukses. Saat pemilu ligislatif 2004 – 2009, ia terpilih menjadi anggota DPR daerah Lampung. Sejak saat itu, karirnya semakin melesat hingga diangkat menjadi Ketua Fraksi PAN DPR RI. Ia menjabat sebagai sekjen di periode 2005 – 2010. Ditahun 2009 – 2014, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengangkatnya menjadi Menteri Kehutanan.

Tak sampai disitu, ia juga diangkat sebagai Ketua MPR dengan masa jabatan 2014 – 2019. Kemudian dalam kongres PAN ia terpilih menjadi presiden baru dan mengalahkan pertahanan Hatta Rajasa. Dngan perjalanan karirnya yang panjang. tak heran jika ia mampu mengumpulkan harta kekayaan hingga puluhan miliar.

Kekayaan Zulkifli Hasan

Seperti yang dilaporkan pada LKHPN tahun 2022, Zulhas memiliki kekayaan sebesar Rp.27,7 miliar. Dalam laporan tersebut, diketahui Zulhas memiliki aset tanah dan bangunan yang berada di 9 titik sengan total nilai Rp.12,9 miliar. Ia juga memiliki alat transportasi dan mesin dengan nilai Rp.1,05 miliar. Zulhas juga melaporkan dirinya atas kepemilikan harta bergerak lainnya senilai Rp.1,5 miliar. Untuk kepemilikan atas surat berharga, Zulhas melaporkan senilai Rp.4,99 miliar dan Kas atau setara kas senilai rp.7,2 miliar.

radjaspin