Mengintip Kekayaan Surya Darmadi Yang Korupsi Rp 86 Triliun

Mengintip Kekayaan Surya Darmadi Terdakwa kasus korupsi konversi lahan dan tindak pidana pencucian uang. (TPPU) Surya Darmadi tiba-tiba mengamuk di ruang sidang, jelang pembacaan putusan pada Kamis (23/2/2023). Ia terlihat emosional di hadapan sidang karena menganggap kasus yang melibatkan dirinya hanyalah rekayasa. Surya Darmadi pun mengaku terpaksa mencabut laporan praperadilannya tahun lalu.

Tolong sampaikan bahwa saya terpaksa mundur dari praperadilan tahun lalu, pada bulan Agustus. Kalau tidak ikut praperadilan, habis semua, kata Surya Darmadi di PN Jakarta Pusat sambil membuang berkasnya. Di hadapan awak media, ia juga menyatakan kasus tersebut dijadikan pilot project, dimana UU Cipta Kerja tidak ditegakkan.

Kasus korupsi yang melibatkan Surya Darmadi disebut-sebut merupakan kerugian negara dengan nominal terbesar di Indonesia. Korupsi yang terjadi pada kegiatan usaha perkebunan kelapa sawit miliknya PT Duta Palma Group. Disebut merugikan negara hingga Rp 104,1 triliun.

Mengintip Harta Kekayaan Yang Dimiliki Surya Darmadi Korupsi Rp 86 Triliun

Awalnya, Kejaksaan Agung menyebut kerugian dalam kasus tersebut mencapai Rp78 triliun. Namun setelah dihitung ulang, nilai kerugian yang ditemukan jauh lebih besar. Nilai kerugian negara yang fantastis kemudian menjadi perhatian masyarakat, sehingga masyarakat mulai menonjolkan kekayaan yang dimilikinya.

Surya Darmadi merupakan switch business owner yang tidak hanya mengelola PT Duta Palma Group. Ia juga terlibat di sejumlah perusahaan lain, karena PT Duta Palma Group memiliki sejumlah anak perusahaan. Anak perusahaan tersebut antara lain PT Duta Palma Nusantara, PT Palma Satu, PT Panca Agro Lestari, PT Banyu Bening Utama. Dan PT Seberida Subur.

Nama Surya Darmadi sempat masuk dalam majalah Forbes pada tahun 2018. Forbes merupakan majalah yang kerap mengulas kisah sukses para pengusaha dunia. Dalam majalah tersebut, kekayaan Surya Darmadi disebutkan mencapai 48 miliar USD atau setara Rp 720 triliun. Hal ini membuat Surya masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia di urutan ke-28.

Baca Selengkapnya……Mengintip Harta Kekayaan Seorang Wenny Lumentut CS Raja

radjaspin